Susahnya Membuka Rekening Mandiri

Susahnya membuka rekening mandiri. Senin minggu kemarin aku dan suamiku ingin membuka beberapa rekening bank untuk keperluan bisnis online dan sasaran pertama adalah membuka rekening bank BCA. Membuka rekening Bank BCA dari dulu sudah terkenal susah. Terang saja susah karena Bank BCA terkenal terpercaya. Namun hari itu saya dan suami saya datang dengan membawa KTP, Kartu keluarga dan uang sebagai setoran awal sebesar Rp. 500.000,-.
bank mandiri, bank bca, bank bri
bank mandiri

Setelah mengantri satu jam akhirnya saya dan suami saya dilayani seorang Customer Service dan ternyata persyaratnnya benar-benar mudah yaitu KTP, Kartu keluarga dan uang setoran awal ditambah materai enam ribu.  Sebentar saja setelah mengisi formulir dan tanda tangan sana sini akhirnya Rekening dan ATM bank BCA ku dan suamiku selesai. Ternyata membuka rekening bank BCA itu benar-benar mudah, tidak perlu nomor telpon rumah, tidak perlu surat keterangan domisili dan juga tidak perlu surat keterangan dari tempat saya atau suami saya bekerja. Kalau hal itu terjadi tentu saja niat aku dan suamiku untuk membuka rekening BCA pasti akan gagal. Alhamdulillah semua mudah dan lancar.

Selanjutnya aku dan suamiku menuju target kedua yaitu bank Mandiri yang tidak jauh dari bank BCA dimana aku sudah membuka rekening. Masuk bank Mandiri segera saja disambut oleh Satpam dengan sambutan standar Satpam Bank, dan saya dan suami ditanya tentang maksud dan tujuan. Suami saya segera mengutarakan maksudnya. Satpam Bank Mandiri tersebut menerangkan persyaratan untuk membuka rekaning Bank Mandiri, selain KTP dan Kartu Keluarga diperlukan juga nomor rumah dan surat keterangan dimana kita bekerja. Suami saya yang sebenarnya sudah mempunyai rekening Bank Mandiri merasa persyaratan tersebut sangat memberatkan dan tidak logis, tidak seperti yang dulu. Dulu membuka rekening Bank Mandiri itu mudah tidak butuh persyaratan dua yang terakhir.

Suami saya kecewa mendengar syarat tersebut dan membandingkannya dengan persyaratan Bank BCA yang mudah tapi Satpam Bank Mandiri tersebut malah menjawab dengan sengak (emosi kali), Buka rekaning saja di BCA Pak, katanya. Satpam tersebut tidak tahu kalau saya dan suami baru saja buka rekening di Bank BCA. Hah buka rekening Bank Mandiri saja susah. Nggak mikir apa kalau yang buka rekening itu seorang ibu ruma tangga atau orang yang kerjanya di bengkel atau tidak ada komputer atau UKM atau yang kerjanya bukan di instansi atau PT swasta yang bonafide.

Karena kegagalan membuka rekening Bank Mandiri suami saya jadi malas dan menyuruh saya untuk membuka rekening bank BRI esok harinya. Ternyata membuka rekening bank BRI juga tidak susah, bahkan sangat gampang. Cukup dengan KTP dan Kartu Keluarga semua beres.

Heran juga hari gini buka rekening bank saja susah. KTP sudah online Bro. Semua data ada di pemerintah ngapain bikin rekening saja dibikin susah-susah. Terus orang yang tidak punya pekerjaan tetap, orang yang tidak punya kantor yang top dan orang-orang miskin tidak boleh nabung gitu? Hari gini sistem nabung kok masih jadul. #kecewa berat

Update

Kemarin saya ketemu lagi sama Cs BCA yang melayani saya dan suami saya. Saya tanyakan kenapa kami begitu mudah diterima buka rekening BCA. Ternyata CS tersebut melihat pekerjaan suami saya yang kerja di instansi pemerintah sehingga kami diterima dengan mudah tanpa diminta nomor rumah sendiri atau rumah tetangga tidak seperti BanK Mandiri.

Oh ya, kalau anda ingin buka rekening buka saja rekening BRI karena lebih mudah persyaratannya. Bank BRI juga sekarang sudah maju kok seperti bank BCA. Ada Mbangkin, Internet Banking dan lain-lainnya. Apalagi kalau di daerah ATM nya hampir disetiap desa.

21 comments:

  1. stress mungkin kebanyakan nasabah tu si mandiri

    ReplyDelete
  2. Benar.. saya baru saja mengalami.

    ReplyDelete
  3. Bener bgt.. saya jg ngalamin seperti itu.. susaaahhh bgt buka rekening di bank mandiri.. kecawa bgt.. saya sudah memberi nmr tlpon rmh tetangga saya.. saya tlpon pake hp aktif dan diangkat.. tp pas di tlpon pake tlpon CS bank mandiri aktif tp krn tdk ada yg angkat tlponnya jd tdk bisa sy buka rekening mandiri.. dgn alasan nmr tlpon tsb bermasalah dgn pembayaran atau dgn jaringan telkomnya.. ga abis pikir aja.. gara2 kaya gtu saya ga boleh buka rekening mandiri..
    KECEWA BERAT SM MANDIRI

    ReplyDelete
  4. Bener bgt.. saya jg ngalamin seperti itu.. susaaahhh bgt buka rekening di bank mandiri.. kecawa bgt.. saya sudah memberi nmr tlpon rmh tetangga saya.. saya tlpon pake hp aktif dan diangkat.. tp pas di tlpon pake tlpon CS bank mandiri aktif tp krn tdk ada yg angkat tlponnya jd tdk bisa sy buka rekening mandiri.. dgn alasan nmr tlpon tsb bermasalah dgn pembayaran atau dgn jaringan telkomnya.. ga abis pikir aja.. gara2 kaya gtu saya ga boleh buka rekening mandiri..
    KECEWA BERAT SM MANDIRI

    ReplyDelete
  5. Bener bgt.. saya jg ngalamin seperti itu.. susaaahhh bgt buka rekening di bank mandiri.. kecawa bgt.. saya sudah memberi nmr tlpon rmh tetangga saya.. saya tlpon pake hp aktif dan diangkat.. tp pas di tlpon pake tlpon CS bank mandiri aktif tp krn tdk ada yg angkat tlponnya jd tdk bisa sy buka rekening mandiri.. dgn alasan nmr tlpon tsb bermasalah dgn pembayaran atau dgn jaringan telkomnya.. ga abis pikir aja.. gara2 kaya gtu saya ga boleh buka rekening mandiri..
    KECEWA BERAT SM MANDIRI

    ReplyDelete
  6. saya jg baru aja mau buka rekening di bank Mandiri tp ga bisa gara2 ga pny no tlp telkom,akhirnya saya pulang lg padahal saya jg pnya BCA,aneh nya bank Mandiri bisa dpt penghargaan Service Bank Excelent 8x berturut turut. Padahal saya jg kerja d Plaza Mandiri walaupun dr vendor atm bkn dr Bank nya lngsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh itu bank mandiri. Orang mau nabung kok dipersulit. Mentang" bkn pengusaha atau pegawai pemerintah. Menyebalkan

      Delete
    2. Aneh itu bank mandiri. Orang mau nabung kok dipersulit. Mentang" bkn pengusaha atau pegawai pemerintah. Menyebalkan

      Delete
  7. Q jg kesel ma bank mandiri. Mau nabung ko dipersulit. Emang tampang sya kriminal apa. Atau mentang golongan orng menengah kebawah trus disepelein. Diskriminasi bangt

    ReplyDelete
  8. Q jg kesel ma bank mandiri. Mau nabung ko dipersulit. Emang tampang sya kriminal apa. Atau mentang golongan orng menengah kebawah trus disepelein. Diskriminasi bangt

    ReplyDelete
  9. Saya kmarin pngn buka rekening bni sama harus nyantumin no telepon kalau gak kata satpamnya harus onya surat domisili padahal ktp saya sdh ktp elektrik pasti data saya sudah jelas ada disitu ..kecewa saya

    ReplyDelete
  10. kalo diminta domosili itu masih bagus dan benar jika diminta sertifikat rumah buat memastikan kebenaran juga tidak masalah tapi jika hanya tidak punya telpon rumah yang dimonopoli oleh telkom itu aturan dari kartu kredit yang penuh dengan kelemahan. terbukti kartu kredit mudah di bobol dan no telp banyak yang palsu atau titipan. mandiri memang parah transaksi 10juta aja 2x pernah nyangkut berminggu-minggu baru refund akhirnya harus transaksi pakai bank lain keluar uang double. BRI tetep terbaik sebagai bank rakyat semoga bisa kalahkan bca dalam jangka dekat. saat ini bca masih terbaik dan teraman untuk transaksi golongan kecil sampai atas.

    ReplyDelete
  11. Sue emang itu Bank Mandiri, saya dah jauh2 dari Bekasi utk buka rek. Mandiri diarea domisili di Cibubur, cuma karna ga ada No.tlp Rumah, mreka ga mau membukakan rekening, dah jelas saya asli dari alamat domisili, bahkan lebih dulu ada dicibubur sebelum mandiri ada, kok kayaknya dicurigai?? Mesti dilaporkan ke BI ini mah, dan copot itu gelar Service Excellent 8x berturut2 !!!! Tdk LAYAK Bank Mandiri memakai gelar "Service Excellent"

    ReplyDelete
  12. Yup Bank yang sangat kaku sekali dgn peraturannya. Saya sudah bawa print dr HP saya, Surat Keterangan Kerja tapi ditolak karena diperlukan ttd basah. Menurut kepala cabang Mandiri Saharjo tidak bisa, padahal di sana tercantum dgn lengkap alamat serta no telpon jadi saya minta cek keaslian surat keterangan kerja tersebut, tapi tetap saja menolak. Saya gak terlalu shock sebenarnya dgn kejadian ini karena memang customer service di negara ini sangat jauh orientasinya ke customer meskipun dari perusahaan besar.

    ReplyDelete
  13. Saya juga barusan mau buka rekening buat anak saya kudu ktp ortu kk asli de el el....emanf kk asli dibawa kemana mana...yg selalu di bawa kan ktp harus dicockan ktp anak dg kk asli...de el el...ribet...pindah bni sj cukup bw ktp asli....

    ReplyDelete
  14. Saya juga barusan mau buka rekening buat anak saya kudu ktp ortu kk asli de el el....emanf kk asli dibawa kemana mana...yg selalu di bawa kan ktp harus dicockan ktp anak dg kk asli...de el el...ribet...pindah bni sj cukup bw ktp asli....

    ReplyDelete
  15. Bener Banget istri saya juga mau buat rekening Mandiri susah banget kebetulan sy bekerja d luar kota...karena istri hanya sebagai Ibu rmh tangga..diwajibkan untuk tanda tangan suami agar dapat d berikan kartu atm...

    ReplyDelete
  16. Sudah mencoba melamar kerja disana sini tapi tidak ada peluang karna perkara ijazah anda belum mampu memenuhi syarat perusahaan tujuan? Mengapa tidak berbegagas untuk Program Kuliah cepat untuk mendapatkan Ijazah SMA, S1, S2, Akta IV & TOEFL dengan cepat! Kuliah secepat Kilat! Ijazah yang asli! Ijazah dari PTS/PTN yang ter-AKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
    Ini bukan tentang jual beli ijazah, karna menggunakan ijasah milik oleh lain tidak akan menjamin anda mudah untuk masuk seleksi ketat sebuah instansi, hal itu akan sangat menyulitkan anda kedepan. beli ijazah yang terdaftar atas nama orang lain bukan cara aman, sebaliknya mengapa tidak mendaftarkan ijazah berdasarkan biodata anda secara pribadi. Tentu saja dengan proses kilat, dan tidak akan membuat anda menunggu hingga 5 tahun.
    · Tidak harus kuliah dan hemat waktu!
    · Biaya lebih murah dari Kuliah biasa
    · Pasti tidak akan mengganggu aktivitas anda yang sudah super-sibuk
    · Ijazah atau sertifikat yang Legal terdaftar
    · Dapatkan posisi atau jabatan yang dikehendaki
    · Bersiap-siap untuk segera naik jabatan atau pangkat di tempat kerja anda
    Untuk info bisa WA:0812-5376-9472

    ReplyDelete
  17. Bank mandiri gak logis syaratnya...payah istriku juga baru ngalami ditolak krn tdk ada tlp rumah...teeeerlaaaaaluuuu

    ReplyDelete
  18. Saya juga iya....
    Saya buka rekening syarat harus punya ni telpon,rumah...

    Kedua harus ada nomor telpon yan bisa di hubungi.
    Emang kita mau utang ke bank, Kita kan mau nabung ko dipersulit,


    Padahal saya buka rekening , BCA, BNI,BRI,PANIN,PERMATA, DANAMON,DLL Semua mudah.
    Kecuali bank mandiri susanya setengah mati

    ReplyDelete