Manfaat Meditasi

Manfaat Meditasi. Di zaman yang terlalu cepat berputarnya sekarang ini, meditasi sangat baik dilakukan. Meditasi sangat bermanfaat untuk menyegarkan hati, pikiran dan tubuh dari kepenatan atau himpitan persoalan hidup. Badan, hati dan pikiran akan terasa segar setelah melakukan meditasi. Udara yang lembut akan melembutkan hati dari siksaan permasalahan hidup yang keras.

manfaat meditasi, meditasi
meditasi

Meditasi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun sehingga manfaat meditasi bisa dinikmati dimana saja. Meditasi tidak harus duduk bersila, namun bisa dilakukan dalam posisi apapun, baik itu sambil berdiri, duduk, tiduran atau dalam keadaan menonton televisi sekalipun.


Meditasi berarti merelaksasikan seluruh anggota tubuh atau menidurkan seluruh anggota tubuh, seperti hati, pikiran dan tubuh sehingga setelah selesai bermeditasi akan dirasakan badan segar seperti baru selesai tidur. Pikiran yang stress akan hilang, badan yang tegangpun akan menjadi relaks.

Bagaimana bila setelah meditasi namun badan atau pikiran menjadi tegang? Itu berarti anda tidak bermeditasi. Anda tidak bisa merasakan manfaat meditasi. Anda salah dalam bermeditasi. Insya Allah jika anda sering bermeditasi hati akan menjadi tenang dan anda terhindar dari gejala stress bahkan kegilaan. Orang yang gila atau stress adalah orang yang tidak bisa menyelaraskan hati, pikiran dan keinginan mereka. Jika hati, pikiran dan keinginan tidak seimbang maka akan terjadi stress atau gila karena syaraf otak yang korslet atau terlalu panas.

Meditasi saat ini tidak hanya milik agama tertentu namun sudah menjadi milik umum melihat dari metode dan fungsinya. Banyak sekali pelatihan dan club-club meditasi bahkan sudah lintas agama karena meditasi bersifat universal. Sebenarnya banyak juga  yang mengadaptasikan meditasi sesuai dengan agama dan kepercayaan dan tujuan masing-masing orang bermeditasi.
meditasi, manfaat meditasi
manfaat meditasi

Cara meditasi sebenarnya cukup mudah, merelaksasikan badan, dengan menikmati nafas dan bersyukur atas semua pemberian Allah semesta alam. Sebenarnya juga nafas tidak lagi penting ketika orang yang bermeditasi sudah merasa nikmat, dekat dengan Tuhan atau merasakan sensasi kedamaian yang luar biasa.

Manfaat meditasi bisa juga berupa kesadaran diri yang lebih dalam dan luas. Meditasi bisa juga dijadikan sarana untuk mengenal dan mencari jati diri kita. Bisa juga dijadikan alat untuk memecahkan suatu masalah. Hati yang tenang dari meditasi sangat diperlukan untuk memecahkan suatu masalah. Lewat meditasi kita berlatih jujur, sabar dan sadar.

Meditasi jika dilakukan dengan cara yang benar dan rutin sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lewat meditasi kita bisa berkontemplasi untuk kehidupan yang lebih baik. Meditasi bisa secara diam atau dengan gerak. Meditasi bisa di rumah, di kantori, di mobil, di pesawat atau bahkan ketika sedang naik motor. Meditasi sangat bermanfaat dan oke dikerjakan dimana saja. Tidak ada salahnya kita melakukan meditasi. Coba saja.

No comments:

Post a Comment