Hati-Hati Pada Kosmetik Yang Kadaluarsa



Hati-Hati Pada Kosmetik Yang Kadaluarsa. Sudah lazim ibu-ibu menyukai kosmetik sehingga tidak heran bila seorang ibu ata perempuan mempunyai banyak kosmetik, baik dari jumlah, merek, warna ataupun jenisnya. Misalnya lipstick ada yang berwarna merah, ungu, pink, kecoklatan dan lain sebagainya. Dan dari segi jumlah ada bedak, pensil alis, perona pipi dan lain-lain.
Kosmetik sebenarnya seperti halnya makanan atau minuman. Kosmetika mempunyai masa kadaluarsa. Efek kadaluarsa dari kosmetik bisa berupa perubahan bentuk, perubahan warna, perubahan bau. Bila efek tersebut timbul maka fungsi dari kosmetik tidak akan optimal lagi, bahkan bisa membahayakan kulit karena bisa menimbulkan iritasi kulit.

Untuk menghindari efek berbahaya dari kosmetik sebaiknya dilakukan hal-hal yang bersifat preventif seperti hal-hal sebagai berikut.

Pertama, beri tanda, bisa label atau tulisan yang berisi tentang kapan kosmetik tersebut mulai dibuka, sehingga akan tahu kapan kira-kira masa kadaluarsanya.

Kedua, beri tanda kapan kosmetik tersebut akan kadaluarsa entah itu berupa label atau tulisan sehingga terhindar dari memakai kosmetik yang kadaluarsa.

Ketiga, perhatikan keadaan kosmetik anda. Perhatikan apakah kosmetik anda sudah berubah atau masih bagus. Misalnya berubah warna, bentuk, bau, mengering, mengental atau mencair karena faktor luar, misalnya terkena panas atau dingin. Jika sudah begitu maka sebaiknya dibuang saja.

Keempat, Perhatikan eye shadow, eye liner, dan pensil alis karena benda tersebut berhubungan langsung dengan organ mata. Di kawatirkan bila kadaluarsa akan menimbulkan iritasi pada mata.

Kelima, sebisa mungkin hindari kosmetik untuk beramai-ramai, sebab bila satu kosmetik dipakai untuk beramai-ramai, dikhawatirkan akan terjadi pertukaran bakteri yang bisa menimbulkan iritasi atau penyakit mata.

Keenam, hindari memakai kosmetik langsung dengan jari atau tangan ke wajah karena ditakutkan tangannya kotor sehingga kandungan kosmetiknya berubah.

Ketujuh, Ganti alat pemulas secara teratur untuk menghindari alat pemulas tersebut sebagai tempat bersarangnya bakteri.

Kedelapan, Hindarkan kosmetik dari cairan supaya jamur dan organisme lainnya tidak tumbuh. Patikan juga kulit jangan terlalu basah ketika akan di make up.

Kesembilan, Simpan kosmetik ditempat yang tidak langsung terkena sinar matahari, karena bila terkena sinar matahari langsung bisa membuat kandungan kosmetik berubah dan membahayakan kulit. Jangan pula menyimpan kosmetik di kamar mandi karena kamar mandi biasanya lembab.

Kesepuluh, pastikan kalau kosmetik anda cocok dengan kulit anda. Jangan pernah memakai kosmetik yang tidak cocok dengan kulit  hanya karena kosmetik tersebut harganya murah atau belinya pas ada diskon. Utamakan kulit anda daripada ber make up tapi belakangnya membuat kulit anda rusak.



No comments:

Post a Comment